Monday, May 12, 2014

TURKEY : Bodrum the White City (Part 2)

Bodrum Day 3 : Tuesday, April 8, 2014

Time to packing!
Yup.. bus menuju Pamukkale berangkat pukul 13.00 dari otogar, kami berencana untuk mengunjungi Bodrum Kalesi sebelumnya (buka pukul 09.00). Cukup mepet waktunya jadi koper harus siap tarik. Sebelumnya kami minta tolong Idris-sang pemilik-hotel untuk mengantar ke otogar pukul 12.00.

Sempat ada perdebatan mengenai Idris. Andre dan Radit sangat yakin kalau saat di mobil beliau memperkenalkan diri sebagai Anwar dan biasa dipanggil Andy. Sedangkan saya, Ntri, dan Opet yakin kalau Anwar alias Andy adalah pemilik restaurant Goldenplate tempat kami makan malam, dan kami benar-benar lupa siapa nama si owner. Setelah dipastikan dengan bertanya, terbukti kalau si owner bernama Idris.

Sejak di Bodrum ada pula sebuah masalah, yakni pada baterai SLR Camera milik Radit. Entah mengapa sejak tiba di Bodrum baterai tersebut 'bocor', sudah penuh di-charge tapi cepat habis :( Selama berjalan di pusat kota kemarin kami sembari mencari toko kamera, namun tidak ada yang 'meyakinkan'.

Sarapan kali ini kami membuat menu baru "roti abon", hahahaha.. roti dan butter sudah disediakan dari hotel, abon dari bekal. :)

last breakfast at Bodrum (photo by Radit)

Hari ini cuaca jauh lebih cerah dibanding kemarin. Di Bodrum juga banyak sekali kucing dan anjing liar (tapi gemuk dan bagus) di ruang terbuka. Bila pagi/siang hari saat cuaca hangat mereka hanya tidur bermalas-malasan, lebih aman berjalan di siang hari, hehehehe.. Kalau sudah sore atau malam mulai deh mereka berjalan-jalan, hiiiiii....

(photo by Radit)
that lazy dogs (photo by Radit)

Menuju Bodrum Castle sudaih pasti melewati toko karpet "smart boy" dan kedai ice cream yang menawari dagangannya kepada Opet "Hi, Ice Cream? you scream.."
Kami, terutama Andro, khawatir diajak mampir lagi di toko tersebut, karena memang tidak berencana membeli karpet disitu. Saat melewati tokonya, Andro lega karena toko tersebut masih tutup, kami pun berjalan kembali dengan tenang.
Namun, beberapa blok dari toko, tadaaa... kami bertemu dengan bapak pemilik toko! Hahahahahaha tampaknya beliau baru saja tiba untuk membuka toko. Beliau menyapa kami dan kami bilang ini hari terakhir kami, beliau sama sekali tidak membahas karpet. Kami semua bersalaman sekaligus berpamitan dengannya. Hahahahaa Andro tampaknya memang berjodoh dengan pemilik toko tadi... ;D

Sebelum melewati toko karpet, kami melewati restaurant Andy juga dan sempat berpamitan dengannya. Semoga restaurant nya makin laris yaa Andy :)

found this cute pebbles on our way to castle :)

Sudah cukup banyak pengunjung yang datang ke Bodrum Castle. Di dalam Bodrum Castle terdapat Bodrum Museum of Underwater Archaeology atau Bodrum Sualti Arkeoloji Muzesi dalam bahasa Turki. Untuk masuk dalam museum/castle harga tiket nya 20TL/orang.

Bodrum Castle dijadikan museum sejak tahun 1961 dengan Mr. Haluk Erbe sebagai first director. Di dalamnya terdapat koleksi dari peralatan  makan, perhiasan, kapal dan perlengkapannya, dll. Sebelum memasuki gedung kastil terdapat taman yang indah. Lengkapnya mengenai sejarah dan info lain mengenai Bodrum Castle and Museum dapat dilihat disini link-bodrum-museum

Castle map

a peacock at the castle garden (bebas lho ga dikandangin)

Beberapa ruangan koleksi dilarang mengambil foto di dalamnya, jadi saya tidak banyak menampilkan koleksi museum. Yang penasaran datang saja.. :D
Bodrum view from this castle is terrific!

Bodrum city view (photo by Radit)

one of the crystal collection

diadem
currency comparison

Next, let's the pictures telling... :)

going up (photo by Radit)
sphinx replica statue
the sky is not gloomy today :)
(photo by Radit)

Adu panco (photo by Radit)
the castle balcony

Accidentaly or not, some of us wearing the same pattern shirt :)

Radit, Ntri, and Andrea in 'kotak-kotak'

Ika and Opet in white (photo by Andro)
my ootd : shirt : pasar senen, jeans : uniqlo, watch : guess, sunglasses : gift from best friends

and.... Andro in ancient Roman wardrobe ;D

Angels Getaway...kalo kata Opet :p (photo by Andro)

behind the scene (photo by Radit)

breathtaking view from the top (photo by Radit)

S.E.L.F.I.E :)

Setelah puas berkeliling dan taking pictures kami berencana balik karena waktu sudah menunjukkan pukul 11 lewat.  Sampai di bawah tergoda lagi untuk mampir museum shop, lumayan menarik koleksi-koleksinya. Mampir sebentar kemuadian ingat kalau sebentar lagi pukul 12 sedangkan perjalanan dari sini ke hotel bisa memakan waktu sekitar 15 menit.

Karena kami belum makan, jadi dibagi menjadi 2 grup, Andro, Opet, dan Ntri mampir membeli Burger King untuk take away, Andre, Radit, dan saya kembali duluan ke hotel untuk mengangkut koper dan menuju bus station terlebih dahulu.

Kami (atau mungkin hanya saya) berjalan cepat-cepat dan sedikit galak. Hahahaha kebiasaan kalau sudah panik karena waktu jadi begini. ^^v sorry boys..
Lewat tepi pantai, kembali bertemu Andy. Kami berpamitan singkat dan kembali melanjutkan perjalanan.
Sampai hotel, Idris sudah menunggu kami. Beberapa koper kami masukkan sisanya dibawa kloter kedua, dan perjalanan menuju bus station dimulai.

Singkat cerita, kami semua sudah tiba di bus station, dan meemasuki bus KamilKoc untuk berangkat menuju Denizli. Perjalanan diperkirakan memakan waktu 5jam 30 menit dan diramalkan tiba pukul 18.30.
Kursi bus ini memang lebih nyaman sih daripada yang sebelum-sebelumnya, hehehe..

And.... there're fact about Bodrum..
  1. Bodrum terletak di pantai barat Turki, dan merupakan salah tujuan wisata bagi warga lokal yang ingin menikmat sumimer time. Bodrum belum populer di kalangan turis Asia terutama Indonesia.
  2. Memang diperuntukkan untuk summer, jadi bila cuaca dingin dan low season banyak attractions yang ditiadakan, seperti boat trip for groups yang tidak tersedia.
  3. Bila ingin menyebrang ke Greece (Yunani) bisa melalui Bodrum. Banyak paket wisata yang ditawarkan dengan tujuan pulau-pulau di Yunani, dari yang one day trip hingga yang memerlukan penginapan. Siap visa Schengen  yaa buat warga Indonesia bila ingin menyebrang :)
  4. Bodrum sebetulnya terkenal akan night life and clubs, namun karena belum peak season, club tidak ramai dan tidak mengadakan event khusus, bahkan tidak semuanya buka.
  5. Buat pecinta alkohol, di Turki ada bir lokal bermerek Efes, dan konon katanya Turki terkenal akan white wine. Berhubung saya tidak minum, jadi tidak explore, hehehe just info aja ini.
  6. Seperti museum di kota lain, museum di Bodrum juga memiliki hari khusus untuk tutup, kebanyakan di hari minggu. Perhatikan hari dan jam buka sebelum berkunjung ya :)
  7. Selain Bodrum Castle, ada banyak historical site lain di Bodrum, seperti Bodrum Maritime Museum, The Maussoleum, The Antique Theatre, etc yang tak kalah menarik

It's a wrap for Bodrum, thanks for giving us the summer sensation in spring..