Saturday, April 21, 2012

Australia part 2 - Brisbane, Gold Coast & Tangalooma

Helloo..
Still about my trip to Australia, hehehe enjoy :)

Tuesday, March 21, 2012
Hari ini kami akan pindah kota yaitu menuju Gold Coast via Brisbane. Dari SYD-BNE by QF 510 perjalanan kurang lebih 1,5 jam. Ada perbedaan waktu 1 jam antara Sydney dengan Brisbane dan Goldcoast  (GMT+10).  Dari airport langsung city tour Brisbane dengan bus. Brisbane tidak sebesar dan seramai Sydney *Sydney sepi juga padahal* yang unik dari Brisbane adalah rumah-rumahnya yang terbuat dari kayu. Lucu, seperti rumah-rumah klasik di Amrik :) 

 scenery from the airplane

rumah kayu dii Brisbane
City tour melewati lokasi wisata Brisbane, seperti Anzac Square, City Hall, China Town, dan Southbank Parkland. Di tujuan terakhir kami berhenti dan turun. Southbank Parkland merupakan tempat wisata yang menghadirkan pantai buatan *beneran BUATAN*, tempat ini dibuat karena kota Brisbane tidak terletak di garis pantai, oleh karena itu dibuatkah pantai buatan untuk para warga yang merindukan laut. Selain pantai buatan disini juga ada ferris wheel, taman bermain dan deretan cafe. 
Dulu *lupa tahun berapa* di tempat ini pernah dadakan Expo seperti Shanghai Expo di China, dimana setiap negara membuat "booth" sesuai ciri khas negaranya. Saat ini "booth" Nepal masih dilestarikan di taman ini, karena diangap unik *emang niat banget sih bikinnya*. Menurut saya bangunan ini mirip rumah adat Jawa yang dilengkapi ukiran-ukiran, hehehe..


Pantai buatan  Southbank Parkland

si rumah booth-nya Nepal sisa Expo

Waktu saya kesini banyak anak-anak usia high school lengkap dengan seragam, mungkin tempat ini jadi lokasi pendidikan olahraga sekolah juga *kaya Senayan gitu*.

Yes, perjalanan dilanjutkan ke Gold Coast, kota yang juga merupakan objek wisata incaran turis, baik domestik, maupun mancanegara. Mengenai cuaca, di Brisbane dan Gold Coast lebih hangat daripada Sydney, jadi ga perlu jaket :D *Thanks God* 

Setelah bergelut dengan kota, sekarang menuju peternakan Australia yang bernama Paradise Country Farm. Tempat ini sekomplek dengan objek-objek wisata Gold Coast lainnya yaitu Movie World, Sea World, dan Australian Outback Spectacular. Peternakannya luaaaaasss bangeeett.. disini banyak kuda, domba, koala, dan kangguru :D Peternakan ini juga menampilkan beberapa atraksi, seperti pencukuran bulu domba, Billy Tea *bikin teh dengan sejenis ember diputer-puter*, berkuda, atraksi anjing gembala, dan lain lain. Ada resto yang menyediakan steak/BBQ ala Australia juga, sluurrp :9 

Pencukuran bulu domba
Disini kami bisa memberi makan kangguru juga lho, tapi sayangnya karena sudah agak sore kanggurunya udah kenyang, jadi tidur semuaa -___- Koalanya juga tidur semua di pohon. Koala tidur selama 22 jam sehari karena dia hanya makan daun eucalyptus yang mengandung air tanpa kandungan karbohidrat, lemes deh doi jadinya. Oiya Koala dalam bahasa Aborigin artinya "tidak minum", yup koala ga minum karena sudah mengkonsumsi daun eucalyptus yang kandungan airnya tinggi itu :)
Saya dan keluarga foto bersama koala juga lho *bayar AUD 18, kaya di Taman Safari* koala itu lucu tapii bauuuuuuuuu -___-

with sleepy Mr. Kangaroo
Koala-nya berat loh :p
Sudah sore *udah mau tutup juga ni peternakan* lanjut ke hotel di daerah Surfers Paradise yang katanya daerah paling happening di Gold Coast, yuhuu..
Hotel yang kami tinggali bernama Islander, hotel tua gitu, kuncinya masih pake kunci besi, hehehe.. Asyiknya dari balkon kamar terlihat pantai :D dan dari lorong hotel ada ferris wheel *yeah, I'm a fan of ferris wheel*

Ferris Wheel day and night 


Wednesday, March 21, 2012
Agenda hari ini yaitu ke Tangalooma, sebuah resort island yang menawarkan keindahan alam pantai Australia dengan keunikan lumba-lumba yang rutin datang setiap malam.. keren ya ini lumba-lumba ^^

Tangalooma dicapai dengan menggunakan ferry dari Brisbane. Di pelabuhan ferry saya bertemu turis Jepang, Cina, dan Korea. Oiya dari sejak di Sydney sampai hari ini ga ketemu turis Indonesia sama sekali selain rombongan tur. Perjalanan dari Brisbane ke Tangalooma kurang lebih 1 jam 30 menit dengan kapal yang lumayan goyang-goyang, saya memilih tidur sambil mendengarkan playlist iPhone hingga tiba di pelabuhan.

Turun dari kapal, kagum dengan keindahan pantai Tangalooma, Subhanallah... bagus banget!! Hamparan pasir putih, lautan biru nan bersih, burung beterbangan, pohon-pohon disekelilng pantai, kyaaaa....Sebagai pecinta pantai yang merindukan pantai *udah lama banget ga ke pantai* saya sangat bahagia bisa sampai disini, hiks terharu :')


Tangalooma tampak dari ferry

Ambulance untuk segala medan
Pemandangan dari sisi sebelah kanan dermaga

sisi kiri dermaga
Berbeda dengan Bondi, di pantai Tangalooma ombaknya kecil, jadi kontraindikasi surfing dan indikasi untuk berenang dan main air. Uniknya di tepi pantai banyak bertebaran bintang laut aka starfish, beneran banyak lho, lucuuu... :)

starfish everywhere
Menurut jadwal tour akan ada beberapa kegiatan di Tangalooma, yaitu Desert Tour, Sand Tobogganing dan Dolphing Feeding pada sore hari. Sambil nunggu, saya main2 di pantai dan mengambil beberapa gambar.




penginapan di Tangalooma

Selain pantai di Tangalooma juga ada hamparan pasir yang menyerupai gurun *mungkin memang gurun*. Untuk mencapainya harus melewati hutan yang jalannya masih berupa tanah. Kami kesana menggunakan bus besar yang masing2 tempat duduknya dilengkapi seat belt. Ini dia bus nya.

Add caption
Sensasi naik bus ini beda tipis sama Metromini yang ugal-ugalan, bedanya ini pake AC aja, hehehe :p
Yeah, sampai...beneran gurun! pasir semua! Saya tidak pandai berkata-kata, cerita dengan gambar saja ya *alesan*





Dari foto-foto diatas terlihat ada bagian gurun yang tinggi dan curam. Nah, disitu kami melakukan permainan Sand Tobogganing, yakni berseluncur diatas pasir. Alat bantu yang digunakan untuk berseluncur adalah sebuah papan kayu. Sebelum dimulai instruktur memperagakan cara-cara untuk meluncur dan tips-tips agar wajah tidak "tersiram" pasir. Setelah semua paham permainan-pun dimulai. Kami naik ke atas bukit pasir tersebut dengan berjalan kaki *capek bok* .Sampai di puncak meluncur satu persatu. Awalnya ngeri juga akan meluncur dari bukit setinggi itu, tapi sayang banget kan kalo ga meluncur, hehehe *gamau rugi*. Ternyataaaa... SERU loh, beneran!! Pengen lagi tapi capek naiknya :p hehehe jadi cukup deh sekali yang penting udah coba.. But Seriously, it's so damn fun! Recommended to be tried ;)


instruktur memberi peragaan tentang "peluncuran"
mendaki bukit *hosh..hosh..*

yeayy meluncur!

Setelah semua peserta selesai meluncur dan berfoto-foto ria, perjalanan dilanjutkan mengunjungi Coloured Sand. Sesuai namanya pasir disini berwarna-warni, bukan sekedar cokelat biasa *bukan merah atau biru juga sih*. Konon warna pasir disini muncul karena kandungan logam di dalamnya, warna putih, abu-abu, cokelat, hitam dan lain-lain ditentukan dari jenis logam yang terkandung dalam pasir tersebut. Karena kandungan logam itu pula apabila hujan disertai petir, petir akan menyambar pasir-pasir disini. Oleh karena itu apabila cuaca tidak mendukung kunjungan ke Coloured Sand ini ditiadakan *bahayaa*

warna warni Coloured Sand

Yeaaay.. pukul 19.00 adalah jadwalnya Dolphin Feeding. Lumba-lumbanya sangat pintar, tiap jam 7 malam datang ke pinggir pantai untuk "minta" makan. Lumba-lumba merupakan hewan yang dilindungi di Australia, prosedur pemberian makan pun daitur sedemikian rupa demi kenyamanan si lumba-lumba.

Saat memberi makan dilarang menggunakan cincin atau perhiasan lainnya yang dapat melukai lumba-lumba. Sebelum mengambil makanan lumba-lumba -yang berupa ikan kecil- tangan harus dicuci dengan air steril. Saat pemberian makan dilarang menyentuh lumba-lumba sama sekali dan dilarang menggunakan flash saat menggunakan kamera. Pantesan lumba-lumbanya betah :)

beneran di tepi pantai kan lumba-lumbanyaa

prosesi dolphin feeding

Yup, rangkaian acara di Tangalooma selesai. Pukul 20.00 kembali ke Brisbane menggunakan ferry (lagi) dan melanjutkan perjalanan dengan bus menuju hotel di Surfers Paradise. Capek? Iya, tapi senang :)
Besok agendanya akan ke Movie World, salah satu theme park populer di Gold Coast.
Excited? Absolutely.. Kalo liat itinerary Movie World adalah tempat yang paling saya tunggu-tunggu untuk dikunjungi, hehehe..
See you on the next post.... :)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment